Peyebab Gatal pada Buah Zakar dan Pengobatannya

Pada umumnya buah zakar pada pria memang tidak berukuran sama besar. Biasanya buah zakar kanan berukuran lebih besar dibandingkan buah zakar sebelah kiri. Selain dari ukuran, perbedaan pada tinggi juga terdapat pada buah zakar namun hal ini juga merupakan hal yang normal terjadi.

Selain daripada itu, pada beberapa kondisi seperti hernia, varikokel, hidrokel, orkitis atau adanya tumor pada buah zakar (testis) menyebabkan pembesaran pada buah zakar tidak normal. Selain dari itu, beberapa keluhan yang dapat menyertai pembesaran pada buah zakar diantaranya nyeri pada buah zakar, demam ringan, atau adanya gangguan pada pencernaan.

Gatal yang dirasakan pada skrotum (kantung testis) maupun daerah bokong dapat disertai dengan ruam maupun tanpa ruam. Penggunaan bahan kimia yang dapat mengiritasi seperti sabun mengandung parfum dapat menyebabkan iritasi hingga timbul gatal. Amatilah ada tidaknya ruam pada daerah tersebut, jika ada, kemungkinan penyebabnya adalah:

  1. infeksi jamur, daerah ini cenderung lembap dan mudah terinfeksi jamur
  2. kudis, infeksi akibat tungau, gejalanya bintik-bintik terasa gatal terutama pada malam hari
  3. eksim, reaksi iritasi dan peradangan pada kulit, misalnya akibat kontak dengan suatu bahan yang mengiritasi atau membuat alergi
  4. penyakit menular seksual, misalnya kutil kelamin, herpes

Pengobatan keadaan tersebut berbeda-beda sesuai dengan penyakitnya. Lebih baik teman Anda mengonsultasikannya secara langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Anjuran:

  1. mengganti pakaian dalam ketika berkeringat
  2. memakai pakaian dalam berbahan katun yang menyerap keringat
  3. hindari menggaruk bagian yang gatal agar tidak terjadi infeksi sekunder
  4. hindari penggunaan barang pribadi (misalnya handuk, pakaian) bersama
No related post!

Tinggalkan pesan "Peyebab Gatal pada Buah Zakar dan Pengobatannya"

Baca Juga×