Infeksi Buah Zakar dan Pengobatannya

Pada umumnya buah zakar pada pria memang tidak berukuran sama besar. Biasanya buah zakar kanan berukuran lebih besar dibandingkan buah zakar sebelah kiri. Selain dari ukuran, perbedaan pada tinggi juga terdapat pada buah zakar namun hal ini juga merupakan hal yang normal terjadi.

Selain daripada itu, pada beberapa kondisi seperti hernia, varikokel, hidrokel, orkitis atau adanya tumor pada buah zakar (testis) menyebabkan pembesaran pada buah zakar tidak normal. Selain dari itu, beberapa keluhan yang dapat menyertai pembesaran pada buah zakar diantaranya nyeri pada buah zakar, demam ringan, atau adanya gangguan pada pencernaan.

Infeksi Buah Zakar dan Pengobatannya

Infeksi pada buah zakar berbeda dengan hernia. Infeksi buah zakar atau orkitis merupakan suatu kondisi yang dipicu oleh virus ataupun bakteri sehingga menimbulkan peradangan akut pada buah zakar, baik itu salah satu atau kedua buah zakar.

Gejala yang umum terjadi adalah gejala dan tanda peradangan atau infeksi yaitu, testis bengkak, kemerahan, nyeri. Dapat pula disertai demam, mual muntah, atau nyeri saat buang air kecil. Pengobatan dari kondisi ini tergantung dari kemungkinan penyebabnya (apakah virus, bakteri, atau penyebab lainnya yang belum jelas). Pada umumnya dokter akan memberikan obat antibiotik dan antiradang, kemudian menganjurkan mengompres buah zakar dengan es dan istirahat total. Prosedur operasi hingga saat ini bukan merupakan pilihan terapi.

Maka dari itu, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jika tidak segera ditangani maka infeksi tsb akan beresiko menimbulkan komplikasi seperti kemandulan, abses skrotum, dan penurunan produksi hormon testosteron. Saat ini Anda sebaiknya selalu gunakan kondom jika tidak yakin pasangan bebas dari penyakit menular seksual, dan lakukan vaksin gondongan karena orkitis dapat disebabkan oleh penyakit tsb.

No related post!

Tinggalkan pesan "Infeksi Buah Zakar dan Pengobatannya"

Baca Juga×