/ Gejala Kanker Testis

Gejala Kanker Testis

Kanker testis adalah kondisi yang terjadi ketika sel-sel pada testis tumbuh secara tidak terkendali. Kanker testis termasuk jenis kanker yang cukup langka. Kondisi ini paling sering terjadi pada pria usia 15-49 tahun.

Testis adalah organ seks pria yang berbentuk oval yang berada di dalam skrotum atau kantong kemaluan. Testis memiliki peran penting dalam sistem reproduksi pria, yaitu menghasilkan hormon testosteron dan sperma. Kedua hormon ini memiliki peran yang vital dalam perkembangan dan fungsi seksual seorang pria.

Berdasarkan jenis selnya, kanker testis dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Kanker testis sel nutfah (germ cell). Ini adalah jenis kanker testis paling umum Sekitar 95 persen dari semua kasus kanker testis masuk ke dalam kategori ini. Sel nutfah adalah jenis sel yang digunakan tubuh untuk membentuk sperma. Kanker testis jenis ini dibagi dua, yaitu seminoma dan nonseminoma. Kanker jenis seminoma tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan kanker jenis nonseminoma.
  2. Limfoma. Sekitar 4 persen kasus kanker testis yang terdata masuk ke dalam jenis ini.
  3. Tumor sel Leydig. Sekitar 1-3 persen kasus kanker testis yang terdata masuk ke dalam jenis ini.
  4. Tumor sel Sertoli. Ini adalah jenis kanker testis yang paling jarang terjadi, yaitu hanya 1 persen.

Gejala Kanker Testis

Kemunculan kanker testis bisa dikenali dari gejala-gejala berikut ini:

  • Benjolan atau pembengkakan di salah satu testis. Ini merupakan gejala yang paling umum terjadi. Benjolan dan pembengkakan kerap disertai rasa nyeri.
  • Rasa sakit yang tajam dan rasa pegal pada bagian testis dan skrotum. Skrotum juga terasa berat. Rasa ini bisa datang dan pergi.
  • Terjadi penimbunan cairan di dalam skrotum dan pasien akan merasa mudah lelah ketika sel kanker tumbuh di dalam testis.
  • Meski kebanyakan benjolan dan pembengkakan pada bagian testis belum tentu menjadi pertanda kanker, kemunculan gejala tersebut tetap harus diwaspadai. Pada banyak kasus, benjolan pada testis terjadi karena pembengkakan pembuluh darah atau varikokel.

Jika tidak segera ditangani, kanker testis bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain (metastatis). Apabila kondisi ini terjadi, maka gejala-gejala lainnya juga akan muncul. Biasanya, kanker testis akan menyebar ke kelenjar getah bening, lalu bisa menyebar ke abdomen atau perut, dan paru-paru. Kanker ini juga bisa menyebar ke organ hati, tulang, dan otak, meski jarang sekali terjadi.

Gejala dari kanker yang telah bermetastasis, antara lain adalah:

  • Batuk yang berlangsung lama disertai dengan darah.
  • Pembengkakan atau pembesaran dada pria.
  • Sesak napas dan sakit punggung bagian bawah.
  • Benjolan atau pembengkakan bagian leher.
  • Sesak napas.
No related post!

Tinggalkan pesan "Gejala Kanker Testis"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga×