Buah Zakar Bisakah Mengganggu Pertumbuhan Tinggi Badan?

Pada umumnya buah zakar pada pria memang tidak berukuran sama besar. Biasanya buah zakar kanan berukuran lebih besar dibandingkan buah zakar sebelah kiri. Selain dari ukuran, perbedaan pada tinggi juga terdapat pada buah zakar namun hal ini juga merupakan hal yang normal terjadi.

Pada ukuran buah zakar yang nampak lebih besar sebelah tidak selalu menyebabkan masalah pada kesuburan ataupun pada pertumbuhan tinggi badan, bahkan adanya sedikit perbedaan ukuran antara buah zakar kanan dan kiri ataupun posisinya tampak lebih turun antara yang kanan dan kiri masih bisa tergolong normal asalkan tidak adanya keluhan seperti nyeri/sakit, bengkak, nampak kemerahan, gangguan saat kencing.

Jika Anda mengalami kondisi-kondisi mencurigakan tersebut atau perbedaan ukurannya sangat besar maka yang menjadi pertimbangan atas kondisi Anda adalah:

  1. Hidrokel, adalah kondisi dimana kantung buah zakar terisi oleh cairan
  2. Varikokel, pembesaran pembuluh darah vena di buah zakar, serupa dengan kondisi varises namun terjadi pada pembuluh vena buah zakar
  3. Torsio testis, adalah kondisi dimana saluran yang disebut Fenikulus spermatikus menjadi terpelinitir.
  4. Hernia ingunalis lateralis atau yang lebih di kenal dengan istilah turun berok, dimana usus/isi perut keluar dari rongga perut dan masuk ke dalam kantung buah zakar
  5. Orchitis adalah peradangan pada buah zakar, biasanya akibat suatu infeksi dan atau penyakit menular seksual

Kondisi-kondisi medis diatas tidak mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan, namun akan mempengaruhi kesuburan jika tidak ditangani bahkan menyebabkan kondisi yang lebih serius/komplikasi terhadap kesehatan Anda. Maka itu diharapkan memeriksakan diri secara langsung ke dokter, dengan begitu dokter dapat mendapatkan informasi lebih banyak lagi melalui pemeriksaan fisik, wawancara medis, dan pemeriksaan lanjutan seperti USG dan lab darah jika memang memang diperlukan.

No related post!

Tinggalkan pesan "Buah Zakar Bisakah Mengganggu Pertumbuhan Tinggi Badan?"

Baca Juga×