Buah Zakar Besar Sebelah Kanan dan Pengobatannya

Buah zakar yang besar sebelah kemungkinan bisa merupakan suatu kondisi yang normal ataupun tidak normal. Pada sebagian besar kasus, buah zakar bagian kanan memang memiliki kecenderungan ukuran yang sedikit lebih besar dari bagian kiri. Selain itu, letak antara kedua buah zakar tidaklah sejajar. Kondisi ini merupakan kondisi yang normal.

Namun jika buah zakar besar sebelah disertai dengan keluhan lainnya seperti nyeri, kemerahan, kesemutan, mati rasa, ataupun gangguan saat berkemih maka kemungkinan kondisi tsb tidak normal dan dapat disebabkan oleh :

  • Hernia : turunnya sebagian usus ke kantong zakar
  • Varikokel : pelebaran pembuluh darah vena pada buah zakar
  • Hidrokel : penumpukan cairan pada kantong zakar
  • Orkitis : peradangan pada buah zakar akibat infeksi
  • Torsio testis : terpluntirnya pembuluh darah pada buah zakar, merupakan kondisi gawat darurat dan beresiko terjadinya kematian jaringan hingga kemandulan jika tidak ditangani dengan segera.

Untuk memastikannya sebaiknya Anda memeriksakan langsung pada dokter. Bila diperlukan maka dokter akan menganjurkan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG. Tanda bahaya yang perlu Anda perhatikan adalah apabila terjadi gejala berupa pembengkakan dan nyeri hebat pada buah zakar, nyeri saat BAK, posisi testis atau buah zakar yang meninggi tidak normal, darah pada air mani, pusing, demam, mual muntah, ataupun nyeri perut. Segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Tinggalkan pesan "Buah Zakar Besar Sebelah Kanan dan Pengobatannya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga×